Blue Lagoon Sleman, Wisata Air Dekat Kota Yogya

Hujan mulai jarang menyambangi kota Jogja, digantikan awan cerah dan hawa panas. Bermain air jadi cara menyenangkan untuk mendinginkan badan. Tidak punya banyak waktu untuk ke pantai? Pilihan bisa dijatuhkan pada Blue Lagoon Sleman yang menawarkan wisata air dengan suasana alam yang sejuk nan asri.

Dikelilingi pepohonan dengan air yang jernih, Blue Lagoon terletak di daerah Sleman, tidak begitu jauh dari kota. Wisata pemandian alam ini memberikan pengalaman wisata air yang menyegarkan bagi masyarakat sekitar.

blue lagoon

Blue Lagoon, yang nama sebenarnya adalah Tirta Budi, merupakan bagian dari Sungai Tepus yang dibangun DAM untuk sistem irigasi sawah setempat. DAM Jerangkong namanya.

“Kami seperti ketiban pulung, istilahnya. Tidak ada rencana buat bikin tempat wisata. Pas ada anak-anak kuliah, mancing disini, ngelihat airnya jernih. Foto-foto, diunggah ke instagram, trus jadi hits, baru kami kelola,“ ungkap Haryanto, salah seorang anggota Pakudrajad. Pakudrajad atau Paguyuban Keluarga Muda dan Pemuda Ndalem adalah kumpulan pemuda desa yang berinisiatif untuk mengurus dan merawat Tirta Budi.

Blue Lagoon juga merupakan nama yang diberikan oleh para mahasiswa yang pertama datang berwisata di Sungai Tepus ini. Nama ini diberikan oleh mereka karena di pemandian yang kedalamannya 3 meter ini airnya semburat kebiruan. Pertama kali diunggah sekitar akhir tahun 2014, dalam setahun semakin banyak pengunjung yang meramaikan tempat ini. Warga lalu berinisiatif untuk mengajukan desa Ndalem sebagai desa wisata.

Tempat ini resmi menjadi desa wisata pada tahun 2015. Pada penghujung tahun 2017 infrastruktur disekitar mata air ini dibangun untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung. Dana sebesar 500 juta rupiah dikerahkan oleh Dinas Pariwisata Provinsi, kemudian disulap menjadi fasilitas bagi pengunjung oleh kurang lebih 40 orang masyarakat sekitar dalam kurun waktu dua bulan.

blue lagoon

Saat ini, Blue Lagoon sudah lebih banyak dikenal. “Di hari biasa, saat cerah pengunjung bisa mencapai kurang lebih 100 orang, sedangkan di akhir pekan bisa lebih banyak lagi, sekitar 300 sampai 400-an pengunjung,“ jelas Haryanto.

Untuk lebih meningkatkan pengunjung, kedepannya Haryanto menambahkan bahwa Blue Lagoon akan melengkapi tempat wisata ini dengan wahana semacam fying fox dan permainan anak-anak.

Bagaimana, tertarik mengunjungi tempat ini? Cukup dengan membayar Rp 10.000, sudah bisa menikmati bermain air, dan mendapat minuman yang disediakan oleh pengelola. Untuk parkir, kita tidak perlu membayar. Di sini juga kita dapat menyewa ban, pelampung, kacamata renang, perahu, dan permainan anaka dengan harga murah, hanya Rp 5.000- Rp 35.000 per 30 menitnya.

Nah, tidak bingung lagi kalau mau ke wisata alam di dekat kota, kan?

tirta budi sleman

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s